Clock

Posted by : Unknown Senin, 17 Februari 2014

1. Basmalah, berbunyi: Bismillaaahirrahmaanirrahiim
 



Mengucapkan basmalah dianjurkan pada awal setiap pekerjaan dan perkataan. Rasulullah saw.bersabda, “Setiap perbuatan yang tidak dimulai dengan ‘Bismillaaahirrahmaanirrahiim’, maka dia tidak sempurna. “ Dengan mengucapkan basmalah, kita akan terlindung dari segala keburukan, seperti tersedak ketika minum. Basmalah yang kita ucapkan juga dapat melemahkan kekuatan setan. (HR Ahmad & An-Nasa’i

2. Tasbih, berbunyi: Subhaanallah





Kalimat tasbih adalah penyucian Allah dari segala kekurangan yang tidak mungkin ada pada-Nya. Seperti Allah tidak memiliki sekutu, istri, dan anak. Mengucapkan kaliamat tasbih dianjurkan jika kita melihat sesuatu peristiwa alam yang indah dan menakjubkan, seperti melihat pelangi. Kita juga dianjurkan mengucapkan kalimat tasbih jika memasuki pagi dan petang.

3. Tahmid, berbunyi: Alhamdulillah



Kalimat tahmid adalah kalimat pujian terhadap Allah sebagai pengagunggan dan pemuliaan. Mengucapkan kalimat tahmid adalah bentuk syukur kepada Allah swt.atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita. Maka setiap kita mendapatkan rezeki, kita mengucapkan alhamdulillaah. Baik itu rezeki berupa kesehatan, makanan, mendapatkan hadiah, mendapatkan juara dalam lomba, dan laon sebagainya.

4. Takbir, berbunyi: Allaahu Akbar



Kalimat takbir adalah kalimat yang menunjukkan bahwa Allah Maha Agung dari semua yang agung. Kalimat takbir juga merupakan kalimat pengesaan dan penetapan keagungan Allah swt tanpa disertai yang lain-Nya. Karena itulah, kalimat takbir diperintahkan untuk di ucapkan dalam ibadah-ibadah seperti salat dan haji.

5. Tahlil, berbunyi: Laa ilaaha illallah


K
alimat tahlil adalah dzikir yang paling baik. Kalimat tahlil merupakan kalimat tauhid yang mendatangkan kebahagiaan dan menyelamatkan kita dari kesengsaraan di akhirat. Karena ia adalah kunci surga. (HR Al-Bukhari). Adapun waktu-waktu yang utama mengucapkan kalimat tahlil ialah: ketika masuk Islam, setiap hari sebanyak 100 kali, dan ketika hati kita gelisah
.
6. Istigfar, berbunyi: Astagfirullaahal’azim



Kalimat istigfar adalah kalimat memohon ampun kepada Allah swt atas segala dosa dan maksiat yang telah kita lakukan. Banyak mengucapkan kalimat istigfar setiap saat sangat dianjurkan, karena kita adalah manusia yang banyak melakukan kesalahan dan dosa. Mengucapkan kalimat istigfar dianjurkan ketika: selesai salat sebanyak 3 kali, setiap hari sebanyak 70 sampai 100 kali, setiap melakukan dosa dan kesalahan, merasa takut azab Allah, dan kaget.

7. Ta’awuz, berbunyi: A’uzubilaahiminasyaitanirrajim



Ta’awuz adalah ucapan untuk meminta perlindungan kepada Allah dari segala godaan atau bisikan setan. Karena segala bisikan setan selalu mengarah pada keburukan. Kalimat ta’awuz diucapkan ketika: setan mengganggu dan menggoda, melewati tempat yang menyeramkan, menguap, mimpi buruk, dan mendengar ringkikan keledai dan gonggongan anjing.

8. Salam, berbunyi: Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh



Senang menyebarluaskan salam adalah salah satu cirri dari seseorang yang memiliki keislaman yang baik. (HR Al-Bukhari dan Muslim). Seseorang yang cinta menyebarluaskan salam juga akan dijamin oleh Rasulullah untuk dimasukkan ke dalam surga Allah dengan damai. (HR At-Tirmizi). Salam diucapkan ketika: bertemu teman di jalan, masuk rumah, dan bertamu.

9. Insya Allah



Apabila kita berjanji kepada teman untuk di masa yang akan dating, kita dianjurkan mengucapkan Insya Allah. Karena kita tidak tahu tentang apa yang akan terjadi di masa yang akan dating. Ini menandakan bahwa Allah Maha Kuasa atas segala yang manusia rencanakan. Tapi perlu diingat, ucapan insya Allah tidak boleh kita permainkan. Justru kita harus sekuat tenaga menepati segala janji yang telah kita buat kepada siapapun.
Source: Al-Qur’anul Karim Dengan Tajwid Blok Warna Disertai Terjemah Kata Per Kata Plus Ensiklomini Anak Saleh, Penerbit Lestari Books

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Pengunjung

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

- Copyright © NUZULUL-19 -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -